Tabbing

Tab 1

Kuliah

Tab 2

Dota

Tab 3

Computer

Sabtu, 26 Juni 2010

Tugas IMK, Web Usability "boogieadvindo.com" Bagian 2

<<<<......Tulisan sebelumnya

Secara keseluruhan tulisan saya ini terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu :
1. Pembukaan, Web Usability dan tentang boogieadvindo.com
2. Web Usability boogieadvindo.com
3. Kesimpulan dan penutup

OK, lanjut ke bagian kedua

Web Usability boogieadvindo.com

Awal mula kita mengakses boogieadvindo.com, kita akan melihat tampilan awal yang menurut saya sangat bagus, tampilan awalnya seperti ini :

Benar-benar simpel, menarik, elegan dan bebas ambiguitas. Pengguna dapat dengan mudah menentukan langkah selanjutnya.

Kemudian kita masuk, maka tampilannya secara keseluruhan akan menjadi seperti ini :

Ini adalah tampilan home dari boogieadvindo.com yang terdiri dari 7 sub main menu, yaitu :
1. Home
2. Profile
3. Kontak
4. Produk
5. Galeri
6. e-Brosur
7. Wali Pohon STT-KWC
Secara keseluruhan, tampilannya cukup bagus dari segi pemilihan warna dan font tulisan, header, tabbing dan posisi fasilitas search. Namun, kita akan merasa cukup kebingungan mencari apa yang kita mau, karena situs ini begitu padat konten dan panjang sehingga kita harus menscroll cukup banyak agar dapat melihat keseluruhan konten home.
Sekarang kita coba lanjut untuk melihat sub menu Profile, dan kita akan melihat tampilan di layar seperti ini :

Nah, di sini merupakan salah satu kekurangan terbesar situs ini, dapat kita lihat bahwa informasi yang kita inginkan, profil boogie, dimuat di bagian bawah. Pengguna tentu saja akan kebingungan mencari dan dapat menimbulkan ambiguitas berupa pertanyaan-pertanyaan seperti ini,
apakah halaman profil sudah saya klik? kok tampilannya mirip seperti sebelumnya? jangan-jangan ini masih home...

Selanjutnya sub menu kontak, tampilannya akan menjadi seperti ini :

Kesalahan yang sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan kita harus menscroll dahulu ke bawah. Itupun kalau kita sadar bahwa informasi yang kita inginkan sebenarnya ada dibagian agak bawah? Kalau tidak? Bisa-bisa kita terus mengklik sub menu tersebut berkali-kali. Sungguh pemborosan waktu dan tenaga!

Kemudian kita masuk ke sub menu produk, dan hasilnya adalah terbuka sebuah tab baru di browser saya yang beralamatkan http://boogie.co.id/ dan memiliki tampilan yang sangat menarik, simpel dan elegan seperti ini :

Hmm... Menurut sebagian orang, ini akan menyebalkan, mengapa menu ini membuat kita berpindah tab? sehingga untuk kembali ke menu sebelumnya kita harus mengklik tab sebelumnya. Namun, bagi pengguna yang memiliki tujuan utama melihat/membeli produk-produk boogie, saya yakin sebagian besar pengguna pasti bertujuan seperti ini, tentu saja akan cukup terbantu dengan metode pemisahan seperti ini. Kita bisa lebih fokus dalam melihat/memilih produk.Yah, namanya juga situs e-commerce, wajar kalau bagian produknya di spesialisasikan.

kemudian coba kita lanjut di sub menu produk pada boogie.co.id, tampilannya akan menjadi seperti ini :


Dapat kita lihat, warna background situs ini hitam, sangat berbeda dengan tampilan pada boogieadvindo.com yang warna backgroundnya putih. Format tampilannya pun sangat berbeda. Secara eksplisit, pengguna dapat langsung membedakan apakah sedang mengakses boogieadvindo.com ataukah boogie.co.id.
Desain sub menu produk ini sangat baik, situs ini membagi semua produknya ke dalam beberapa kategori. Pada baian tengah, tiap-tiap kategori diberikan ikon/gambar kecil beserta namanya yang ditautkan ke halaman kategori produk tersebut. Kemudian di bagian samping kanan ada daftar kategori produk yang ditautkan ke halamannya masing-masing.Sub menu yang sedang diakses juga diberi warna berbeda dari sub menu yang lain, desain seperti ini sangat apik dan jelas, sehingga pengguna akan tertarik untuk melihat situs lebih jauh dan akan langsung sadar posisi dia di dimana saat itu.

Nah, masih di sub menu produk, kita coba lanjut akses ke salah satu kategori produknya, di sini saya mencontohkan kategori Sandals, maka akan tampil halaman seperti ini :

Tiap-tiap jenis sandal diberi label harga dan ikon yang jika diklik akan membuat kita masuk ke halaman detil produk tsb yang membuat kita dapat melihat gambar sandal yang kita inginkan dalam ukuran lebih besar.
Nah, kembali ke boogieadvindo.com. sekarang kita coba masuk ke sub menu galeri, tampilannya akan seperti ini :

Tidak banyak yang bisa saya komentari di sini selain seperti sebelumnya, kita nyaris tidak bisa melihat menu yang kita inginkan, galery, karena posisinya yang tidak menonjol.

Sekarang lanjut ke sub menu e-Brosur, tampilannya akan seperti ini :

Lagi-lagi menu yang kita inginkan nyaris tidak kelihatan. Namun, terlepas dari hal tsb, tampilan menu e-Brosur ini sangat simple dan langsung pada sasaran. Pengguna dapat langsung mengunduh brosur-brosur yang diinginkan.

Terakhir, kita masuk ke sub menu Wali Pohon STT-KWC, tampilannya akan seperti ini :

Wala... Masih sama nih kesalahannya dengan sebelumnya, menu yang kita inginkan nyaris tak terlihat mata.

Nah, demikian kajian panjang saya seputar Web Usability boogieadvindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar